Minggu, 28 September 2014

Adam Osborne


Adam Osborne adalah salah seorang yang memiliki peran penting dan pengaruh dalam sejarah awal PC. Adam Osborne dilahirkan di Thailand tahun 1939, dan menghabiskan masa kanak-kanaknya di Tamil Nadu, India Selatan, bersama kedua orang tuanya yang berkebangsaan Inggris. Osborne pindah ke Inggris pada usianya yang ke-11. Ia lulus dari Universitas Birmingham sebagai sarjana muda dibidang teknik kimia tshun 1961. Setelah pindah ke Amerika, dia menyelesaikan pendidikannya di Universitas Delaware sebagai Ph.D di bidang teknik kimia, dan cepat mendapatkan pekerjaan di Shell Oil, Seperti halnya kebanyakan orang yang berpikiran kreatif, Osborne tidak merasa nyaman dalam menjalani kehidupan sebagai pekerja kecil di dalam perusahaan yang besar. Dia tidak betah berada di Shell. Dia menyadari bahwa dia menikmati penulian praktis, khususnya tentang komputer baru yang dikembangkan. 

Pada awal tahun 1970-an Osborne mendapatkan pekerjaan untuk menulis instruksi bagi mikroprosesor milik Intel. Osborne meneruskan pekerjaan lepas sebagai penulis praktis, dan pada tahun 1972 mendirikan Osborne and Associates, perusahaan untuk menuis manual yang sederhana dan mudah dibaca oleh komputer. Dia juga menulis sebuah buku yang diberi judul The value of power, yang kemudian berubah judul menjadi An Introduction to Microcomputers. 

Saat bukunitu ditolak oleh penerbit yang ada, dia memperlihatkan bukunya kepada Bruce Van Natta dari AMSAI, salah satu perusahaan komputer. Setelah membaca buku tersebut, Van Natta memutuskan untuk menyertakan satu buku pada setiap komputer AMSAI yang dijual. Dengan awal yang mnguntungkan ini, dan kepercayaannya bahwa publik lapar akan barang, serta buku-buku yang dapat dimengerti tentang komputer, Osborne menciptakan perusahaan penerbitannya sendiri.

Sumber : http://ulinnuha1.wordpress.com/2007/11/29/tokoh-tokoh-teknologi-informasi/

0 comments:

Posting Komentar