Jumat, 25 April 2014

Gangguan Pada Transmisi Data


Dalam proses pengiriman data, kemungkinan akan terjadi beberapa gangguan. Gangguan tersebut yang menyebabkan terjadinya kesalahan data. Berikut beberapa gangguan yang terdapat dalam proses transmisi data.

1.  Attenuasi dan distorsi attenuasi

Kekuatan sinyal akan melemah karena jarak yang jauh melalui medium transmisi apapun. Attenuasi bisa terjadi pada sinyal analog, sinyal yang diterima menjadi menyimpang dan mengurangi tingkat kejelasan.

2. Delay distorsi

Kejadian aneh dari media transmisi hardwire yang disebabkan oleh kecepatan perambatan sinyal melalui medium hardwire dengan variasi. Terjadi akibat kecepatan sinyal yang melalui medium berbeda-beda sehingga tiba pada penerima dengan waktu yang berbeda. Dan delay distorsi kritis untuk data digital.

3. Noise/Derau

Tambahan sinyal yang tidak diinginkan dan merupakan faktor pembatas utama dalam sistem komunikasi data.

Terbagi dalam 4 kategori yaitu :
  1. Thermal noise/white noise disebabkan oleh panas elektron dalam konduktor, sehingga tidak dapat dihapus/dilenyapkan.
  2. Intermodulasi noise apabila sinyal-sinyal dengan frekuensi berbeda bersamaan memakai medium transmisi yang sama maka akan mengganggu sinyal. Hal ini timbul karena ketidak linearan dari transmitte, receiver, atau sistim transmisi.
  3. Crosstalk ditimbulkan oleh kopel elektrik antara kabel yang diletakkan berdekatan. Misalnya pada percakapan telepon mendengar suara lainnya, sinyal pemancar yang ditangkap antena.
  4. Impulse noise terdiri dari pulsa-pulsa tak beraturan atau spike-spike noise dengan durasi pendek dan dengan amplitudo yang relatif tinggi, dihasilkan oleh kilat, dan kesalahan dan cacat dalam sistem komunikasi.

      

0 comments:

Posting Komentar